BATIK TULIS MAHAL ?

Batik tulis adalah sebuah karya seni yang spesifik. Dari sebuah karya seni batik akan terlihat asal daerah batik tersebut, khususnya pada motif, warna dan lengkungan atau tarikan garis. Kehalusan tarikan adalah persoalan subjektif pembatik.


Sebagai suatu karya seni yang spesifik, maka persoalan harga batik tulis tidak bisa dikategorikan secara kontradiktif meskipun unsur motif tidak berbeda. Motif adalah sebuah pola yang bisa sama atau berbeda tergantung daerah asal. Lalu apa ukuran harga seuatu karya seni batik ?


Beberapa unsur yang terlibat dan boleh jadi menjadi unsur penentu harga dalam suatu karya seni batik adalah material, motif, pewarnaan dan pembatik sendiri serta tingkat apresiasi orang yang menikmatinya. Material bisa disebabkan oleh unsur cairan malam, canting dan material kain.


Motif eksklusif semacam naga atau burung hong sangat berbeda dengan motif bunga latoh atau encim dari aspek harga. Meski demikian, motif eksklusif dengan material ( misalnya Prima ) bisa jadi menjadi murah harganya. Kami akan beberkan rahasianya di sini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar